Dalam Lukas 2:13, kita menyaksikan sekelompok malaikat berparade di langit malam, sambil menyanyikan pujian atas kedatangan Kristus di bumi sebagai seorang bayi. Betapa mengagumkannya mendengar seruan perayaan yang meriah memenuhi udara, sebagai bentuk penghormatan bagi Sang Ilahi yang menjadi manusia. Meskipun kita hanya dapat membayangkan suara-suara surgawi yang memenuhi langit malam itu, sebuah karya musik yang tidak asing mencoba memberikan gambaran sekilas tentang hal ini: “Hallelujah Chorus” yang terkenal dari Messiah karya Handel. Melalui karya ini, paduan suara bak malaikat menyambut kehadiran dan kuasa Kristus, diiringi simfoni yang telah dihargai selama berabad-abad; suatu penyajian musik versi dunia dari suara pada malam yang sakral itu.

Perayaan pada malam lebih dari 2.000 tahun yang lalu itu merupakan gambaran awal dari apa yang akan terjadi: perayaan yang akan terjadi ketika Anak Domba, yang seputih salju, duduk di ujung meja, menunggu tamu-Nya, sang mempelai wanita, tiba. Kita dapat melihat kesamaan antara pengumuman yang disampaikan malaikat kepada para gembala, musik yang membahana dari Messiah karya Handel, dan “suara orang banyak” yang menyerukan pujian atas penyempurnaan Kristus dan gereja-Nya dalam Wahyu 19:

“Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita,
Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai,
dan memuliakan Dia!
Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba,
dan pengantin-Nya telah siap sedia.
Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain
lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!” (Why. 19:6–8)

Dalam perikop ini, Yohanes menyaksikan pemberitaan tentang pernikahan surgawi yang agung, dan kedatangan pengantin perempuan Kristus yang telah menghiasi dirinya dengan pakaian yang berkilau-kilauan, yang cocok untuk upacara surgawi. Titik pertemuan antara Lukas 2 dan Wahyu 19 memberikan gambaran tentang Kristus yang pertama-tama ditinggikan sebagai seorang Anak di bumi dan kemudian dipuji serta dielu-elukan dengan penuh semangat sebagai Raja segala raja di surga. Kedua gambaran peristiwa tersebut menunjukkan keagungan surgawi yang dengannya Kristus diakui sebagai yang tertinggi dan berdaulat, yang masing-masing mengungkapkan kumpulan penyembah surgawi yang didedikasikan untuk memberi kemuliaan kepada-Nya. Dalam kedua bacaan tersebut, kita dapat mengenali simfoni keselamatan yang sama, yang menyatakan kehadiran dan kuasa Yesus. Saat kita merayakan Adven, kita diundang untuk memberikan ruang bagi pengamatan yang kudus dan meluangkan waktu untuk merenungkan keajaiban kedatangan-Nya bersama dengan kemuliaan pemerintahan-Nya yang kekal, serta berpartisipasi dalam simfoni keselamatan yang sama.

Buletin-buletin gratis

Buletin-buletin lainnya

Alexis Ragan adalah penulis yang kreatif dan instruktur ESL, yang bergairah terhadap misi global.

-

[ This article is also available in English español Português Français 简体中文 한국어 繁體中文, and русский. See all of our Indonesian (Bahasa Indonesia) coverage. ]