Di tengah meningkatnya penggunaan kata kiasan “penganiayaan” untuk menyebut penutupan gereja dengan alasan kesehatan karena pandemi, saya ingin memberikan perspektif yang menghormati rekan-rekan Kristen Amerika saya.

Sepanjang 20 tahun karier saya di bidang kebebasan beragama internasional, bertemu dengan orang-orang Kristen yang teraniaya dari seluruh dunia. Saya telah mendengar cerita mereka, melihat air mata dan luka mereka, dan kehilangan teman-teman. Dari pertemuan itu, saya belajar penganiayaan sangat intens, dan itu adalah kekerasan.

Oleh karena itu, saya berharap orang Amerika akan mengesampingkan istilah penganiayaan, sehingga tidak kehilangan intensitas atau kebenarannya.

Amerika Serikat adalah salah satu negara paling terbuka dan liberal dalam hal kebebasan beragama dan berkeyakinan. Mulai dari nenek moyang kita yang mencari kebebasan untuk mempraktikkan keyakinan mereka, sampai nilai-nilai dasar kita yang dimulai dengan Amandemen Pertama dan undang-undang turunannya dan sekarang, serangkaian kemenangan Mahkamah Agung yang sudah berjalan lama, orang Amerika dari semua agama (dan tidak beragama) telah menjadi terbiasa dengan kebebasan beragama yang terus meluas. Itu bagian dari keistimewaan Amerika.

Dan pengecualian ini berlanjut ke cara negara kita mempromosikan dan melindungi kebebasan beragama untuk semua orang secara internasional. Ketika saya berada di Departemen Luar Negeri di bawah pemerintahan Obama dan Trump, kami membantu melaksanakan hal ini, menyebarkan nilai-nilai kebebasan beragama sebagai kebaikan sosial serta menghadapi para penganiaya. AS adalah pembela internasional terdepan — titik. Orang-orang yang teraniaya dari semua agama berdoa untuk intervensi kami dan ingin untuk melarikan diri ke pantai kami.

Dengan adanya pandemi, sangat meresahkan bagi orang Amerika melihat pemerintah lokal dan negara bagian mengarahkan penutupan gereja (serta sinagog, masjid, dan kuil) karena alasan kesehatan. Itu bukanlah sesuatu yang pernah kita alami sebelumnya. Namun, saya tahu banyak gereja telah menemukan cara baru yang inovatif untuk berkumpul secara virtual, atau di luar ruangan, untuk kebaktian atau persekutuan hari Minggu. Gereja saya tidak terkecuali. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali, dan kami mendapat manfaat dari komunitas iman kami selama masa-masa sulit ini.

Sementara penutupan sementara mengejutkan bagi orang Amerika, pemerintah asing menutup tempat ibadah secara permanen sepanjang waktu. Sayangnya, ini bukan hal yang aneh, tetapi umum. Tingkat penganiayaan berada pada titik tertinggi sepanjang masa di seluruh dunia, dengan lebih dari tiga perempat komunitas global menghadapi pembatasan kebebasan beribadah yang parah. Akibatnya, orang Kristen dari setiap denominasi, orang-orang dari tradisi lain, dan individu yang tidak mempraktekkan keyakinannya menghadapi penganiayaan setiap hari karena apa yang mereka yakini.

Article continues below

Buletin-buletin gratis

Buletin-buletin lainnya

Dalam pekerjaan saya sebagai diplomat, saya telah melihat gereja-gereja ditutup dan ibadah dikriminalkan. Rak buku saya menyimpan potongan-potongan gereja dan masjid dan sinagoge yang dirobohkan oleh pemerintah otoriter. Berdasarkan pengalaman ini, saya percaya orang Kristen Amerika akan bijaksana untuk menghindari menyebut situasi saat ini sebagai penganiayaan karena tiga alasan.

Pertama, perbedaan yang signifikan adalah motif. Dari apa yang saya amati, selama masa-masa yang tidak pasti ini, sebagian besar pejabat negara bagian dan lokal membuat, dengan itikad baik, pilihan terbaik dari yang terburuk. Memang, ada beberapa orang yang memiliki agenda anti-agama atau anti-Kristen. Saya telah melihat keputusan yang membuat frustrasi yang tampaknya tidak konsisten atau sewenang-wenang. Tetapi jika keputusan mereka tidak konstitusional, sistem peradilan kita memberikan solusi yang kuat. Sebagian besar pegawai negeri berusaha sebaik mungkin untuk menyeimbangkan hak-hak sipil dengan kekhawatiran tentang kesehatan masyarakat, semua dengan informasi yang tidak sempurna sambil berusaha meneliti situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Perbedaan kedua adalah durasi. Ketika gereja ditutup karena alasan kesehatan, tindakan tersebut bersifat sementara sampai kondisinya membaik. Ketika pejabat lokal membuat keputusan ini, kepercayaan kita tidak dilarang atau dibuat ilegal. Faktanya, saya telah melihat pejabat mendorong ibadah, hanya saja secara online. Di banyak yurisdiksi, Anda masih bisa berkumpul dengan cara berbeda atau dalam kelompok yang lebih kecil tanpa konsekuensi.

Ketiga, dan yang terpenting, perbedaan terbesar adalah bahwa penganiayaan itu brutal dan merupakan kekerasan. Ibrani 11: 35–37 memberikan contoh yang jelas tentang penganiayaan terhadap gereja mula-mula, yang dihadapi orang percaya selama berabad-abad. Di zaman modern, berikut adalah beberapa contoh yang saya lihat:

Article continues below
  • Penganiayaan adalah merobohkan gereja, seperti yang terjadi saat ini di Tiongkok dan belum lama ini di Sudan.
  • Penganiayaan terjadi ketika ISIS mencoba melakukan genosida terhadap Yezidis dan orang Kristen, atau genosida yang dilakukan oleh tentara Burma (Myanmar) sekarang terhadap Muslim Rohingya.
  • Penganiayaan adalah serangan Tiongkok yang tak henti-hentinya terhadap umat Buddha Tibet dan Muslim Uighur.
  • Penganiayaan adalah pembunuhan orang Kristen karena keyakinan mereka, seperti ketika Taliban Pakistan membunuh teman saya Shahbaz Bhatti karena pembelaannya terhadap orang Kristen dan agama minoritas lainnya.
  • Penganiayaan adalah hukuman cambuk publik di Arab Saudi karena hanya mempertanyakan di internet orientasi Salafi mereka.
  • Penganiayaan adalah penculikan, memaksa pindah agama, dan pemerkosaan gadis-gadis Hindu dan Kristen di Pakistan, tanpa bantuan bagi keluarga korban.

Berdasarkan contoh-contoh ini, orang Kristen Amerika harus sangat berhati-hati dalam menyebut situasi kita saat ini sebagai penganiayaan. Ada kontinum dari batasan administratif hingga penganiayaan langsung. Jika ada masalah, orang percaya Amerika dapat mengajukan petisi ke pengadilan dan berjuang mati-matian melalui sejumlah kelompok pro-bono yang memiliki posisi yang baik untuk memperdebatkan kasus mereka. Atau orang percaya Amerika dapat meminta perwakilan terpilih mereka untuk mengubah undang-undang. Namun, alat yang kuat ini seringkali tidak tersedia di negara lain.

Singkatnya, yang terjadi di AS bukanlah penganiayaan. Itu mengganggu. Ini menyakitkan. Ini tidak nyaman. Ini mungkin ilegal dalam beberapa kasus. Namun, itu bukan penganiayaan.

Orang Amerika sering lupa betapa diberkatinya kita menikmati kebebasan beragama yang luar biasa di rumah. Kita tidak sempurna — anti-Semitisme, sentimen anti-Muslim, rasisme, dan penyakit lainnya masih ada — jadi kita harus terus berjuang untuk persatuan yang lebih sempurna. Pada saat yang sama, hari yang buruk bagi kebebasan beragama di AS masih lebih baik daripada hari baik di mana pun.

Oleh karena itu, kita harus menghentikan istilah penganiayaan ketika berbicara tentang apa yang terjadi di Amerika selama pandemi tragis ini.

Knox Thames adalah mantan penasihat khusus untuk agama minoritas di Departemen Luar Negeri AS, yang bertugas di pemerintahan Obama dan Trump.

Speaking Out adalah kolom opini tamu Christianity Today dan (tidak seperti editorial) tidak selalu mewakili opini majalah.

[ This article is also available in English 简体中文, and 繁體中文. See all of our Indonesian (Bahasa Indonesia) coverage. ]